Selasa, 24 Mei 2011

HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA

1.       a.            Pasal 30
              (1) Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara.
              (2) Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.
b.            1.  Pendidikan merupakan pilar tegaknya bangsa; Melalui pendidikanlah bangsa akan tegak mampu menjaga martabat. Dalam UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, disebutkan “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

2.  secara non-fisik dapat didefinisikan sebagai segala upaya untuk mempertahankan Negara dengan cara meningkatkan rasa nasionalisme, yakni kesadaran berbangsa dan bernegara, menanamkan kecintaan terhadap tanah air, serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara.

3.  Agar mahasiswa dapat menjadi pemuda yang bermoral dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap negaranya

4.  Masyarakat mampu menggalang persatuan dan kesatuan dari hasil pembelajaran dari kewarganegaraan terhadap bangsa Indonesia

5.  Pendidikan kewiraan berarti didikan untuk mendirikan usaha sendiri, untuk membina masyarakat yang mandiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar